Search Engine Marketing, Solusi Kemajuan Bisnis Anda

Search engine marketing atau SEM merupakan saluran pemasaran yang mampu menciptakan traffic ke website pengguna. Hal ini dapat meningkatkan visibilitas website di halaman hasil mesin pencarian. SEM masih menjadi media promosi efektif dan mendominasi yang menarik calon konsumen ke website yang sudah Anda buat. Mengapa?

*Search Engine Marketing*, Solusi Kemajuan Bisnis Anda

Kelebihan Search Engine Marketing

Di era banyaknya metode marketing, search engine marketing merupakan salah satu media terbaik yang pernah ada. Apalagi, jika anda dapat menggunakannya dengan benar maka jangan heran jika bisnis yang anda bangun dapat berkembang luas dan pesat.

1. Hasil dan Prosesnya Cepat

Proses dalam pembuatan SEM sama halnya Google Adwords yang memiliki proses cepat. Anda pun dapat menonton hasilnya setelah penayangan iklan bisnis. Bahkan, search engine marketing lebih cepat daripada SEO.

Nah, dengan ini maka untuk anda yang ingin melihat serta menikmati proses dengan cepat, SEM adalah solusinya. Meskipun cepat prosesnya, hasilnya tidak akan mengecewakan karena banyak orang yang memakai SEM sebagai cara marketing mereka.

2. Pemasaran Bertarget

Tentu saja SEM adalah pemasaran bertarget dan sangat disukai oleh para marketer di luar sana. Bagaimana tidak, marketer memiliki keuntungan dalam menggunakan SEM. Sebab, mereka bisa menyampaikan keinginan iklan secara langsung kepada target market.

Contohnya, seorang marketer yang sedang menjual handphone bekas. Mereka hanya melihatkan iklan mereka kepada khalayak yang sedang mencari kata kunci “Handphone bekas”. Lalu, Anda dapat menentukan demografi audiens, seperti lokasi, dan usia mereka.

3. Dapat Disesuaikan dengan Budget

Search engine marketing mungkin membuat ragu dengan biaya yang dikeluarkan. Meskipun begitu, Anda jangan khawatir. Sebab, jika pengelolaan SEM dikelola benar, Anda dapat menggandakan investasi yang sudah keluar. Jadi, tidak akan ada permasalahan dalam ROI.

Anda pun tidak serta merta menggelontorkan biaya besar untuk memasang iklan di mesin pencari. Tidak ada pula jumlah minimum yang perlu dikeluarkan demi mengiklankan SEM. Ada dapat mengawalainya dengan harga $5 USD yang tidak begitu mahal.

4. Keuntungan Melimpah

Dikutip dari Google, melalui AdWords (iklan berbayar), sebuah bisnis dapat melipatgandakan investasi untuk jangka ke depan. Menurut riset yang ada, pendapatan dari bisnis yang menggunakan SEM, bisa mendapatkan kurang lebih 2 dollar untuk setiap 1 dollar yang diinvestasikan (dengan kata lain 2x lipat).

Bukankah Anda sudah merasakannya hari ini? Saat ini, banyak sekali customer atau audience yang belanja melalui media sosial (online) dengan skala yang cukup besar. Atas hal inilah SEM adalah jalan yang begitu terang untuk para marketer.

5. Bukan Hanya Uang, Tetapi Ada Konversi Lainnya

Target dari seorang marketer memanglah uang. Namun, jangan pernah abaikan beberapa konversi penting lainnya seperti kepuasan dari customer, cara mendapatkan customer baru, berlangganan, dan event-event tertentu lainnya.

Dengan search engine, Anda bisa terus mendapatkan konversi alternatif lainnya yang akan begitu menguntungkan. Karena iklan berbayar pada umumnya akan diarahkan langsung ke halaman penjualan (landing page) yang memang difungsikan sebagai mata panah konversi.

6. Efektif Untuk Pemasaran Lokal

Setiap orang pasti memiliki kebutuhan. Jangan pernah meremehkan orang terdekat dan malah fokus ke audience yang jauh dengan pola pikir bahwa pasarmu harus menyebar dengan cepat dan dikenal banyak orang.

Hal di atas memang wajib dimiliki, tetapi Anda juga harus memanfaatkan apa yang ada pada SEM. Pemasaran lokal berfungsi menciptakan koneksi bisnis terhadap masyarakat sekitar (dekat dengan area bisnis) yang dilayani.

Bisa anda lihat ketika beberapa orang mencari sesuatu di daerah terdekat, misalkan saja tempat Service handphone terdekat. Anda bisa memanfaatkan itu dengan adanya search engine. Pasanglah iklan di sana dan masyarakat lokal yang butuh itu akan mencarinya.

7. Dijangkau Banyak Audience

Google yang merupakan search engine paling populer, sekarang dapat menginformasikan melalui sekitar 1,9 miliar situs.

Hal ini mencakup 400 juta pencarian Google oleh sekitar 90,4 persen lebih pemakai internet per harinya di seluruh dunia. Tentu saja ini membuktikan betapa krusialnya iklan di internet.

Pemasaran Anda memang tidak mencapai angka hingga ratusan juta pencarian. Namun, Anda dapat mengira-ngira banyaknya pengguna akun yang mungkin dalam jangkauan Anda.

Serta, berapa banyak orang yang akan melihat iklan anda di Google dan ingin mencari tau lebih detail.

Ketika SEM yang anda ciptakan semakin di kunjungi calon customer, maka peluang Anda untuk mendapatkan pasar baru akan semakin luas dan tentu hal ini sangat membantu anda.

Kekurangan SEM

Semua hal yang ada di dunia ini tentu memiliki nilai positif dan juga negatif, begitu juga dengan teknologi dan cara pemasaran yang ada, yaitu search engine marketing. Lalu, apa saja kira-kira kelemahannya?

1. Membutuhkan Cukup Waktu Lebih

Untuk Anda yang ingin hasil SEM berjalan dengan lancar, tentu saja harus memikirkan langkah-langkah efektif. Salah satunya adalah dengan menentukan keyword yang terbaik dan pas, dan hal ini akan memakan cukup banyak waktu.

Kemudian, metode tersebut membuat pengguna harus memperbaharui dan memantau secara konstan materi konten. Padahal perlu waktu untuk tahu terkait tinjauan hasil, teks promosi, serta pengujian materi demi hasil maksimal.

2. Konten Visual yang Minim

Saat ini, masyarakat begitu suka dan lebih memilih sesuatu yang memiliki audio dan visual. Namun saat ini SEM lebih banyak dijumpai yang jarang memakai visual.

Dalam pemasaran, biasanya akan menggunakan banyak cara. Salah satunya adalah dengan memfokuskan pada visual. Jika anda membutuhkan cara visual untuk menarik customer, maka sebaiknya Anda memperkirakan ulang kekurangan SEM.

3. Menjadi Konten yang Sering Dihindari

Rata-rata pengguna pasti ingin menghindari iklan. Ketika mereka mendapati caption atau artikel itu memiliki iklan, biasanya mereka akan berusaha atau memilih untuk meninggalkan laman itu.

Penggunan tentu merasa tidak nyaman atau tidak suka jika kegiatannya terganggu iklan atau ADS. Maka dari itu, kebiasaan mereka akan menghindarinya, kecuali memang yang terdapat pada iklan adalah hal yang tengah dicari atau dia ingin ketahui selama ini.

4. Kompetitif

Google tentu memiliki bermiliar-miliar informasi, salah satunya termasuk beberapa informasi pada laman SEM Anda. Maka dari itu, Anda harus lebih kreatif apalagi jika kata kunci search engine marketing Anda merupakan kata yang umum.

Dengan kompetitif kuat, Anda harus memiliki strategi lebih untuk bisa menjadi yang pertama untuk memenuhi kebutuhan audience. Meskipun begitu, nantinya Anda juga pasti akan membutuhkan biaya lebih lagi.

Penutup

Search engine marketing memiliki banyak peminat, tetapi tentu SEM masih memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Semua tergantung pada bagaimana Anda memanfaatkan dan juga memilah apa dan bagaimana yang harus dilakukan demi kebaikan.

Digital Marketing Tips & Trick

Page by Posterbit