Apa Saja Tugas Digital Marketing Itu? Yuk Pahami!

Secara umum digital marketing akan bertugas membantu perusahaan yang telah mengalihkan gaya pemasarannya dari konvensional menjadi pemasaran digital.

Apa Saja *Tugas Digital Marketing* Itu? Yuk Pahami!

Pengertian Digital Marketing

Digital marketing adalah cara pemasaran suatu brand, pelaku usaha atau perusahaan secara digital (online). Pelaku dari kegiatan digital marketing dinamakan digital marketer.

Nantinya seorang digital marketer akan menggunakan keberadaan media digital dalam melakukan marketing (pemasaran). Contoh pekerjaan digital marketing antara lain menemukan konsumen, meningkatkan brand awareness produk serta menciptakan penjualan.

Karena tugas dan wewenang digital marketing itulah, maka mutlak bagi seorang digital marketer untuk mempunyai kemampuan dan pemahaman khusus.

Yaitu paham akan segala hal yang berkenaan dengan media digital. Sebab nantinya semua aktivitas marketing yang dilakukan akan berkaitan dengan media digital tersebut.

Kelebihan dari pemasaran secara digital adalah kemampuan untuk lebih cepat dan lebih luas dalam menjangkau potensi pasar dari suatu produk. Itulah mengapa dari hari ke hari semakin banyak saja perusahaan atau pelaku pasar yang beralih ke digital marketing.

Dampaknya, tenaga digital marketer pun semakin banyak dibutuhkan dengan kisaran harga gaji digital marketing yang cukup menjanjikan.

Jenis Pekerjaan di Lingkup Digital Marketing

Berdasarkan spesialisasi tugasnya maka ada sekitar 7 profesi digital marketing. Lantas posisi apa saja yang ada di digital marketing tersebut?

1. Copywriter atau Content Writer

Digital marketing tugas dan tanggung jawab sebagai Copywriter atau Content Writer adalah menulis materi publikasi atau materi iklan. Misalnya materi mengenai konten pemasaran atau berita yang berkaitan dengan produk yang akan ditawarkan ke pasar online.

Pelaksanaan tugas dan tanggung jawab seorang penulis di dunia digital marketing akan berkolaborasi dengan bagian Graphic Designer. Terutama dalam proses penciptaan materi konten bagi audiens tertarget.

2. KOL Specialist

KOL adalah Key Opinion Leader yaitu personal atau tokoh tertentu yang terkenal dan memiliki keahlian khusus dalam suatu bidang industri. Sedangkan KOL specialist adalah posisi yang bertugas mengelola kinerja dari beberapa KOL serta influencer.

Nantinya tugas admin digital marketing untuk mencatat berbagai ulasan yang dihasilkan oleh KOL sebagai bahan analisa sekaligus marketing.

3. Digital Marketing Consultant

Selanjutnya apa tugas seorang digital marketing consultant? Tugasnya adalah untuk melakukan analisa terhadap tren yang sedang terjadi di pasar sekaligus mencari jenis channel pemasaran yang sesuai.

Selain itu digital marketing consultant juga akan merekomendasikan strategi marketing yang seharusnya diterapkan. Nantinya tugas digital marketer lah yang akan mengeksekusi dari strategi marketing tersebut.

4. Content Creator

Di dalam dunia marketing digital terdapat posisi bernama Content Creator. Posisi ini memiliki tugas utama digital marketing untuk menciptakan konten digital bagi audiens tertarget melalui ragam media untuk promosi produk.

5. Digital Advertising Specialist

Selanjutnya terdapat pula posisi sebagai Digital Advertising Specialist. Posisi ini di digital marketing tugasnya adalah bertanggung jawab menjaga keseimbangan antara biaya pengeluaran pemasaran dengan jumlah sales yang masuk.

6. SEO Specialist

Search Engine Optimization Specialist di dunia digital marketing tugasnya adalah mencari kata kunci. Yaitu keyword untuk digunakan oleh tim penulis dalam pembuatan konten promosi atau materi marketing lainnya.

Pencarian kata kunci ini tentunya harus melalui research mendalam dengan menggunakan berbagai tools SEO yang ada. Misalnya Google Analytics atau menggunakan Semrush.

7. Social Media Specialist

Salah satu jenis pekerjaan di dunia pemasaran digital adalah Social Media Specialist. Tugas dari digital marketing bagian ini adalah mengelola akun milik perusahaan atau brand tertentu pada berbagai channel media sosial.

Tugas Digital Marketer

Dari berbagai jenis posisi profesi di dunia pemasaran digital tersebut maka dapat disimpulkan jika tanggung jawab digital marketing specialist secara spesifik adalah:

1. Meningkatkan Engagement

Tugas digital marketing manager yang pertama adalah meningkatkan engagement dengan konsumen lewat konten pada media sosial. Dengan hadirnya engagement dari suatu konten, maka akan menghasilkan lead yang potensial bagi bisnis kedepannya.

2. Membuat Laporan Marketing

Pembuatan laporan akan menjadi tugas akhir digital marketing. Laporan ini mencakup hasil pemasaran dari strategi marketing yang telah dilakukan. Sehingga semua pihak yang terlibat akan mampu menggunakannya sebagai acuan pembuatan strategi pemasaran selanjutnya.

3. Melakukan Branding

Termasuk tanggung jawab digital marketing strategist yang utama adalah melakukan branding pada pasar potensial yang sedang dibidik. Tujuannya adalah sebagai ajang edukasi konsumen sehingga tercipta kepercayaan terhadap brand dan produk yang sedang dipasarkan.

Yang pada akhirnya diharapkan akan ikut menjadi faktor pertimbangan keputusan tindakan konsumen selanjutnya yaitu melakukan transaksi pembelian.

4. Mengelola Website Bisnis

Salah satu tugas digital marketing dalam perusahaan adalah melakukan pengelolaan profesional terdapat website bisnis milik brand atau perusahaan. Pengelolaan website tersebut dimaksudkan sebagai salah satu alat marketing untuk meningkatkan transaksi penjualan.

5. Menerapkan Optimasi SEO

Termasuk ke dalam tugas digital marketing analyst adalah melakukan penerapan SEO secara optimal. Sebab melalui SEO terbukti arus pengunjung website dapat meningkat.

Yang mana hal ini akan bagus baik dari segi branding, marketing atau edukasi untuk menciptakan trust.

6. Mengelola Search Engine Marketing

Selanjutnya tanggung jawab digital marketing adalah melakukan proses pengelolaan pada Search Engine Marketing. Dengan melakukan hal ini maka diharapkan agar konten yang diproduksi mampu lebih mudah untuk tampil di halaman teratas Google.

Yang mana hal tersebut akan mampu menciptakan peluang mendapatkan calon konsumen potensial dengan cepat, efektif dan efisien.

7. Membantu Mengelola Social Media Marketing

Tugas digital marketing assistant manager adalah membantu dalam pengelolaan marketing di sosial media yang digunakan brand atau perusahaan. Melalui strategi penggunaan media sosial yang tepat maka akan terbangun brand awareness atas suatu produk.

8. Mengelola Display Advertiser

Tugas tugas digital marketing berikutnya adalah mengelola display banner untuk marketing yang ada pada website. Salah satu cara yang digunakan adalah menggunakan Google Ads untuk dapat menarik perhatian calon konsumen pada produk serta brand bisnis.

9. Membangun Strategi Funneling Marketing

Selain itu tugas digital marketing staff adalah membantu dalam proses pembuatan rencana strategi funneling marketing.

Dengan marketing funnel maka akan lebih mudah untuk memahami proses calon pelanggan dalam melakukan keputusan untuk menggunakan produk.

10. Menyusun Rencana Promosi Produk

Penyusunan rencana pemasaran terhadap produk adalah bagian dari tugas digital marketing and strategy specialist. Contoh kegiatan di dalamnya antara lain adalah memilih platform digital yang cocok untuk melakukan marketing.

11. Merancang Konsep & Distribusi Kampanye

Tugas paling akhir adalah membuat konsep promosi marketing yang sesuai dengan saluran promosi yang akan digunakan.

Konsep tersebut dilakukan baik secara berbayar maupun secara organik. Nah nantinya tugas admin digital marketing adalah membantu pelaksanaannya.

Penutup

Ternyata tugas digital marketing officer cukup banyak dan luas. Jadi jika Anda ingin terjun ke dunia ini, persiapkan diri dengan kemampuan terbaik ya.

Digital Marketing Tips & Trick

Page by Posterbit